tema

Kamis, 28 April 2016

Membaca Berbagai Teks Perangkat Upacara dengan Intonasi yang Tepat

Hal yang perlu diperhatikan ketika membacakan berbagai teks perangkat upacara adalah intonasi, yaitu meliputi berbagai berikut:
1. Tekanan
2. Nada
3. Jeda

Berikut ini disajikan teks perangkat upacara beserta cara pembacaannya. Bacalah teks perangkat upacara tersebut dengan nyaring sesuai dengan tanda-tandanya.
Keterangan:
  • (/) untuk menandakan berhenti sejenak
  • (//) untuk menandakan berhenti lama
  • (///) untuk menandakan berhenti akhir
  • (^) untuk menandakan nada akhir tinggi
  • Huruf cetak tebal yang ada dalam tulisan menandakan adanya penekanan

UNDANG – UNDANG DASAR/NEGARA REPUBLIK INDONESIA/TAHUN 1945//
PEMBUKAAN//.

Bahwa / sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa (^)/ dan oleh sebab itu/ maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan (^)  karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. (^)//
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia / telah sampailah kepada saat yang berbahagia/ dengan selamat sentausa / menantarkan rakyat indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara indonesia /, yang merdeka (^) /, bersatu(^)/, berdaulat (^)/, adil dan makmur (^)//.
Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa/ dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur /, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas /, maka / rakyat Indonesia / menyatakan dengan ini kemer-dekaannya (^)//.
Kemudian dari pada itu / untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia / yang melindungi segenap bangsa indonesia / dan seluruh tumpah darah indonesia/ dan untuk memajukan kesejahteraan umum /, mencerdaskan kehidupan bangsa /, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan /,perdamaian abadi / dan keadilan sosial /, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu / dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia /, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia / yangberkedaulatan rakyat / dengan berdasarkan kepada / : ketuhanan Yang Maha Esa /,kemanusiaan yang adil dan beradab /, persatuan indonesia /, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan /, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial / bagi seluruh rakyat indonesia. (^)///
Sumber:
Muslim, M.Umar dan Kushartanti. 2011. Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Dian Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar